It's me....

It's me....
senyum melulu :)

Kamis, 17 November 2011

(Curhat) Perjalananku


Malang, aku datang lagi untuk berkali-kalinya. Kali ini, aku dan mamaku yang mengunjungimu, tapi kami tinggal di dua tempat berbeda. Mama harus mengikuti pelatihan kependidikan selama 10 hari, sedangkan aku akan ikut OSPEK pada hari Sabtu.

First Day.... 8 September 2011
            Jam 10 pagi, kami siap menuju Kota Batu, lokasi hotel tempat diadakannya pelatihan. Si Mungil yang dikemudikan ayahku itu berhenti di halaman hotel tepat saat jarum jam menunjuk angka 13.30 siang. Lalu aku, ayah, mama, dan adik menyempatkan diri makan bakso bersama-sama. Jam dua tepat, mama harus mulai mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan itu. Mulai saat itulah penghuni Si Mungil hanya tinggal tiga kepala.
            Usai menunaikan Dzuhur di sebuah masjid, kami meneruskan perjalanan menuju rumah tanteku di perumahan Pondok Bestari Indah, karena aku akan tinggal di sana untuk beberapa hari ke depan. Dan akhirnya, pada jam setengah lima sore, aku benar-benar sendiri. Good bye Papa and Sistaa! ^_^
            Malam pertama di rumah tante, canggung bangeeet! Banyak makanan yummy di sini, hehehe... Tapi pasti sungkan lah kalau mau lahap banyak-banyak! :) Tapi, yang paling membuatku senang bukan itu. Tapi karena aku bisa mendengarkan salah satu stasiun radio terbaikmu, Kencana FM. Itulah radio yang selalu kudengarkan setiap kali mengunjungimu, Malang.... Dengarkan aku... Ku merindukanmu...

Second Day.... 9 September 2011
            Tadi bangun jam setengah lima. Langsung mandi. Segeeer.... Duh, ternyata ada nggak enaknya juga tinggal di rumah tante. Mau nyapu nggak boleh, mau bantuin masak juga nggak boleh. Ya udah, cuci piring ajaaa! :D
            Sekitar jam delapan, rumah jadi sepi. Om dan tante berangkat kerja. Ngapain yaaa... Mau nonton TV males, mau nyapu-nyapu pun rumah udah bersih. Ya udah, ngupingin Kencana FM aja lagi sama si Twetty :) Sebenernya, mumpung aku lagi mengunjungi kamu, aku pengin “ngubekin” seisi tubuhmu, Malang. Keren banget sih soalnya... Tapi naik apa?
            Naik apa? Kalau kamu tanya itu, tenang aja, Malang. Ada Mas Roy, kakak sepupuku yang super baik dan pasti mau anterin aku ke mana aja! ^_^ Mas Roy itu, meski anaknya agak slenge’an dan cuek, hehehe, tapi dia gampang banget nurutin semua permintaanku. :) Bener deh, Malang. Aku sih udah ijin ortu tadi via telepon, tapi tante masih belum kasih ijin, takutnya kalau aku kecapekan. Duh, udah bener-bener pengin walk around you nih! :D
            Malemnya, nggak biasanya nih, jam delapan aku udah ngantuuuk banget! Akhirnya aku tidur deh! Eh, ternyata jam sembilan Mas Roy ke rumah tante! Dia udah ketuk pintu berkali-kali, SMS aku dua kali, misscalled aku enam kali, tapi akunya nggak dengar! Yah, payaaah!! :( Bahkan, dia sampai nungguin dua jam di depan rumah tante! Tapi akunya udah terbang ke pulau kapuk! Nggak ketemu deh! Wah, sorry banget ya Mas Bro!

Third Day..... 10 September 2011
            Bangunnya jam setengah enam! Siang ya! Yaa...karena sebenarnya aku malas ikut OSPEK hari ini, hehehe... Tapi tujuan utamaku “nginjek-injek” kamu kan karena itu ya, Malang. Abis mandi, aku sarapan sambil dengerin Kencana FM lagi. Asyik, bisa telepon dan request Panah Asmara-nya Afgan, lumayaan buat nambah spirit! :D Terus aku nelepon Mas Roy berkali-kali, tapi HP nya nggak aktif! Jadi cemas aku, jangan-jangan dia marah gara-gara semalem! Yaa, siapa yang nggak sebel, udah nungguin dua jam nggak dianggep?! Padahal aku juga yang maksa-maksa dia ke rumah tante...
            Akhirnya, kucoba telepon ke nomor rumahnya. Setelah tiga kali coba, akhirnya diangkat juga! Pas suara dia, lagi! Begitu suaranya nangkring di telingaku, aku langsung lantang banget nanya, “Mas! Marah ya sama aku?! Semalem itu aku udah tidur, sorry Mas!” Meledaklah tawa om dan tante yang juga lagi ada di ruang makan. Untuuung...dia nggak marah sama aku! ^_^  Legaaa... jadi dianterin deh! :D
            Jam setengah delapan, he was coming! ^_^ Let’s go! Meluncur ke Jalan Mayjend Sungkono! Subhanallah, baru kali ini aku mengitari kamu dengan naik motor, setelah hampir sembilan tahun nggak pernah naik motor kalau mau kunjungan ke kamu! :) You was so beautiful, my Malang! Kereeen!! Yang paling seru, saat Mas Roy naik motornya ngebut! Go Mas Bro, go! :P
            Sampai deh di kantor UT. Mas Roy langsung cab-cuss alias pulang, setelah janji nanti mau jemput aku lagi. Dan aku jadi terasing di situ, nggak ada yang kenal siih! Dan kamu tahu nggak, Malang? Di undangan yang aku terima, tertulis acara mulai jam sembilan sampai jam dua siang! Kenyataannya..... mulainya jam sepuluh sampai jam empat sore! -_-“ Hadeeeh, budaya jam karet yang dilestarikaaan! :(
            Mulai dari jam sepuluh hingga jam empat sore (molor gilaaaa!), kulewati dengan full attention plus full bored! Yaaa, isinya pengarahan melulu, dan pembicaranya suka ngulur-ulur waktu kalau menyampaikan pengarahannya masing-masing! Jadi ngantuk!
            Finally...selesai jugaaa! Aku langsung telepon Mas Roy, minta jemput. Jam empat lebih seperempat, Mas Roy muncul dengan motor modifikasinya. Masih dengan kostum yang sama seperti pagi tadi, jeans sobek-sobek, dan jaket hitam dengan kaos hijau polos, dan sepatu bertali warna hitam. Celakanya, mahasiswa semester lima Desain Animasi Visual UM ini lupa bawa helm! Haduuh...gimana sih?! Kena tilang gimana nanti?!
            Tapi, dia tuh orangnya memang nyantai dan cuek abiiis! Langsung aja tancep gas dengan enjoy, meski kondisi jalan macet lumayan parah gara-gara ada konvoi Aremania! Jadi kami harus pinter-pinter cari celah di jalan, supaya nggak kejepit diantara banyaknya kendaraan. Untung, Mas Roy gesit bawa motor, jadi, walau pun “nyusup-nyusup” ke trotoar, tetap amaaan! Untung juga nggak ada Pak Polisi yang jaga-jaga.
            Setelah jalanan berangsur lancar, aku minta Mas Roy anterin ke rumahnya aja. Pengin main, karena pas hari kedua Lebaran kemarin belum sempat main. Sampai di sana, aku disambut Mbak Anne, kakaknya Mas Roy, dan juga kedua ortu Mas Roy. Kami pun makan bakso khasmu yang lezat itu, Malang! Hmm...so delicious!
            Abis Maghrib, aku minta Mas Roy anterin lagi ke rumah tante. Tapi, aku nggak mau langsung pulang, pengin menjelajahi kamu dulu ^_^. Tadinya, Mas Roy agak ogah-ogahan nganterin aku menjelajahi kamu (lagi), tapi aku bujuk dia, dengan dalih suasanamu lebih meriah daripada Blitar, dan karena aku udah kangen mengelilingimu naik motor, akhirnya dia mau nganterin aku! Asyiiik...bener-bener kakak yang baik! Hehehe.... Dan ternyata hari ini, 10 September, dia ultah ke-21 lho, Malang! Aku jadi pengin kasih sesuatu, sebagai ucapan terima kasih juga, karena hari ini dia udah rela capek-capek anter jemput aku, anter kelilingin kamu juga, sampai kehabisan waktu dan nggak bisa ngerjain tugas, gara-gara aku.
            Jadi, sambil menyusuri jalan rayamu, kami cari-cari distro. Dia pengin dibeliin topi. Tapi ternyata, distro-distro yang kami lewati rame semua, jadilah cari topinya batal. Dia juga ajak aku lewat areal kampus UB, menembus macet di jalan rayamu yang tak ada habisnya! Gilaaa, udah hampir nyamain Jakarta nih macetnya!
            Tapi, satu hal yang paling berkesan buat aku adalah, Malang, suasana malammu indaaah bangeeeeet! :D Kapan ya, Blitar di-setting kayak kamu? Hehehe...
            Sekitar jam delapan, aku ngajak dia ke rumah tante, meski aku sendiri belum puas menikmati malammu yang indah ini. Tapi aku nggak tega lihat dia, kayaknya udah capek nyetir.
            Jam setengah sembilan, sampailah kami di rumah tante. Ditanyailah kami, dari mana aja. Aku sih cuma cengar-cengir doang, malu, hehehe... Sedangkan Mas Roy cerita kegiatannya seharian ini. Ternyata, selain antar jemput aku, dia juga punya kesibukan lain sepanjang hari ini. Ya Allah, sibuk-sibuk gitu dia masih punya waktu buat anter aku ke mana-mana... He was so kind brother for me... Thanks brother. I am sorry if I not understand you! :’).
            Ternyata juga ya, Malang.....ayah sama adik tuh udah on the way ke rumah tante! Waduuuh! Pulang hari ini nih?! Jangaaaaan!! Aku masih capeek banget nih! Tapi....nggak kok! Ayah dan adik memang ke rumah tante hari ini, tapi itu karena mereka mau ajak aku ke Kota Batu buat nengokin mama. Aku langsung ajak Mas Roy ikut juga ke Batu. Tadinya dia nggak mau dan pengin langsung pulang aja. Alasannya, karena di rumahnya banyak tamu. Tapi aku (dibantu adik) bujuk dia lagi, maksaaa lagi biar dia ikut. Akhirnyaa..dia nyerah lagi. Di’iya’in aja tuh :D Jadilah, kami berempat ke Kota Batu ditemenin Si Mungil.
            Sampai di hotel tempat pelatihan, udah sepi banget, karena memang sudah jam sepuluh malem. Mama turun dari kamarnya di lantai dua dan menemui kami. Alhamdulillah, beliau sehat-sehat aja. Oh ya, beliau juga kasih aku dan adik masing-masing satu boneka penyu yang imut! Makasih mama sayang! Ini kado terlucu yang pernah kuterima :D
            Setelah sekitar setengah jam ngobrol-ngobrol, kami pun pamit. Mama juga harus istirahat untuk persiapan pelatihan besok. Sebelum pulang, kami sempatkan beli nasi goreng dulu, karena kebetulan belum makan malam. Aku, adik, dan Mas Roy nungguin di mobil, sementara ayah yang beli nasi goreng. Sambil nungguin ayah, aku dan adik ajakin Mas Roy untuk nginep di rumah tante. Seperti biasa, dia nolak, dan aku akan maksa! :P Aku bilang, “Mas kalau nyetir malem-malem itu bahaya! Apalagi kan di dekat perumahannya tante itu ada hantunya!” kataku dengan nada suara sok yakin. Padahal aku sendiri juga takuuut! :) Ealaah, Mas Roy nggak pasang raut takut sama sekali, dia malah ketawa. Usaha kami kali ini kurang sukses. Mas Roy tetap nolak permintaan kami :(
            Sampai di rumah, hanya tinggal om yang masih terjaga, sementara tante udah terlelap. Jadilah, kami berlima makan nasgor bareng-bareng. Di sela-sela makan nasgor, aku bujuk Mas Roy lagi. Aku bilang, “Mas, sekali ajaaa Mas! Besok aku udah pulang lho!” ujarku dengan mimik memelas. Mas Roy cuma nyengir dan bilang kalau dia belum ngerjain tugas kuliahnya yang seabrek. Tapi adik nggak kehilangan akal. Dia ngelihat BB Mas Roy di meja, dan...............langsung aja diumpetin di kamar! :P Tadinya aku mau nyembunyiin kunci motornya, tapi pas kucari ga ada. Akhirnya BB-nya deh yang jadi korban! Alhasil, pas abis shalat Isya, dia kebingungan nyari BB-nya yang pakai casing warna hitam itu. Aku dan adik pasang muka PPC alias Pura-pura Cuek :D. Tapi, lagi-lagi, Mas Roy bisa membaca keusilan kami. Dia makai HP ku yang masih di-charge untuk misscalled nomernya! Ya akhirnya ketemulah BB-nya! Dasar cerdik! Aku ngelihatin dia dengan mimik kesal. Cemberut. Dan akhirnya dia bilang, “Ya deh, aku tidur di sini malem ini...” Yeeaaay! Ngumpul lagiii! :D Thanks kakak! Baiknya emang real banget nih orang! :D

Fourth Day...... 11 September 2011
            Waaah...nggak terasa hari ini kita harus pisah ya, Malang :( Masih nerusin acara kumpul-kumpul, aku, adik, dan Mas Roy nonton TV bareng sampai jam satu. Hehehe, padahal ayah udah wanti-wanti kami untuk nggak tidur larut malem. Hehehe, tapi kan ngumpul-ngumpul gini jarang banget terjadi!
            Finally, aku pun ngantuk juga. Kususul adik yang udah masuk kamar duluan. Sementara Mas Roy tidur di kasur depan TV. Pas aku tidur, dia mah belum tidur, masih asyik pelototin TV. Sekitar jam tiga, aku bangun sebentar, nengokin keadaan di luar. Tahu nggak, ternyata Mas Roy udah pules! Padahal TV masih on, ditambah lagi dering alarm dari BB-nya yang lantang dan bikin berisik. Mas Roy mah kalau udah pules nggak denger apa-apa! Mungkin juga karena dia terlalu capek, udah “melanglangbuana” sama aku kemarin. Dengan setengah ngantuk, kumatiin TV dan alarm-nya, terus balik lagi ke kamar. Eh, sepuluh menit kemudian, si alarm nyebelin itu bunyi lagi! Mau nggak mau, aku keluar kamar dan matiin alarm lagi. Tapi, sebentar kemudian, bunyi lagi! Hadeeeh! Kumatiin lagi. Bunyi lagi. Kumatiin lagi. Begitu seterusnya sampai BB-nya lowbatt. Akhirnya, rasa kantukku pun lenyap. Udah susah kalau mau tidur lagi! Mungkin gara-gara alarmnya Mas Roy yang rame itu! Hehehe... Jam empat pagi, kuberesi sisa nasgor yang nggak dihabisin semalem, kucuci piringnya juga.
            Jam lima lewat, aku bangunin Mas Roy. Dia masih males bangun, tapi begitu lihat jam, dia langsung meloncat bangun! Ambil wudhu dan shalat Subuh. Aku cuma geleng-geleng kepala ngelihatnya. Ada-ada ajaa...
            Habis mandi, ternyata ayah nggak langsung ajak pulang. Beliau mau ke rumah beberapa saudara yang saat Lebaran hari kedua kemarin belum sempat dikunjungi. Aku dan adik nggak ikut. Kami nunggu sambil sarapan plus ngobrol sama Mas Roy dan tante. Kata ayah sih, beliau cuma sebentar, tapi ditunggu-tunggu sampai dua jam berlalu, beliau belum datang juga! Keusilanku kambuh lagi. Aku ajak Mas Roy muter-muterin kamu lagi, hehee... Tapi, seperti biasa, pakai negosiasi dulu! Setelah beberapa kali negosiasi, akhirnya dia mau anterin aku. Tapi kali ini cuma muterin areal perumahan aja. Singkat banget waktunya, mungkin sekitar 20 menit. Abis itu, bener-bener balik lagi ke rumah tante. Yaaaahh! :’( Kurang banget jalan-jalannya, Malang. Jadi pengin nyanyiin lirik lagu ini deh!
Jangan berakhir, aku tak ingin berakhir...
Satu jam saja
(Kuingin kelilingimu lagi, Malangku...)
            Yaa...bukannya aku kurang bersyukur. Aku senang kok, tinggal di Blitar, dengan rumah dan segala fasilitasnya yang mempermudahku. Tapi, kali ini aku melakukan “perjalanan yang berbeda”. Jadi ingin memanfaatkan kesempatan saja, bisa kelilingimu naik motor itu, bagiku kesempatan yang langka! Seringkali kita menyia-nyiakan kesempatan yang datang, lalu kita akan menyesal saat kesempatan itu hilang. Aku ingin mendapatkan kesan berbeda tentang kunjunganku padamu kali ini, bukan hanya perjalanan yang just so so. Tapi, aku ingin merasakan an extraordinary journey yang bisa membuatku merasakan a different sensation dari kamu, kotaku. Hanya itu...
            Tapi semua memang harus terjadi. Ada pertemuan pasti ada perpisahan kan? 20 menit lalu, Mas Roy pulang. Dia mau nyelesaiin tugas dan urusan lainnya yang bejibun. Ya...aku ini benar-benar adik yang nggak pengertian! :(
            Tapi, sekali lagi, aku hanya memanfaatkan kesempatan yang mungkin nggak akan datang dua kali. Sebelum aku kembali menjalani rutinitas harianku di Blitar, aku ingin refreshing yang beda.
            Jadi, maaf ya Mas Roy, kalau aku udah buang-buang waktu Mas Roy, gara-gara aku tugas Mas jadi nggak kelar-kelar, urusannya juga nggak beres-beres. Makasih untuk keliling-keliling yang mengesankan dan penuh pengalaman ini! :D You are my best Brother! ^_^ Oh ya, satu lagi. Happy Birthday! Semoga di umur yang ke-21 ini bisa tambah dewasa, sukses, sehat selalu, dan tambah sayang sama adiknya ini! :P
            Dan hari ini kita harus berpisah Malangku. Tapi jangan sedih, kapan-kapan aku pasti kembali menengokmu lagi! I hope we can meet again soon! Terima kasih telah ijinkanku mengelilingimu, itu kado terindah untuk 15 Septemberku nanti :) Dan untuk Kencana FM, semoga kalau aku ke Malang lagi, bisa dengerin dan request lagu lagi! :D
            Oh ya, hampir lupa! Buat Blitarku, I will come back! (Terpaksa) Hehehe... Eh, nggak kok...aku seneng bisa balik ke Blitar lagi... :D

11 September 2011
A farewell day for me and my Malang...
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar